Semarang Zoo

One Zoo • Hundreds Animals • Millions Memories
Sejarah

Semarang Zoo

Kebun Binatang Semarang atau juga dikenal dengan nama Bonbin Mangkang dan Taman Marga Satwa Semarang
( Semarang Zoo )

Mulanya, pada tahun 1985 kebun binatang Tegalwareng akhirnya direlokasi yang ke-2 ; pindah ke Taman Lele yang berada di kecamatan Tugu dan Tinjomoyo yang belokasi di kelurahan Sukorejo kecamatan Gunungpati, dengan luas 57,5 Ha. Nama kebun binatang diubah menjadi Taman Margasatwa dan Kebun Raya atau dsingkat menjadi Taman Margaraya Semarang.

Taman Margaraya

Taman Margaraya merupakan sebuah fasilitas berfungsi ganda, yaitu sebagai objek wisata alam dan budaya, serta sebagai lahan penghijauan kota. Atraksi yang terdapat di objek wisata ini adalah Kebun Raya (Botanical Garden) yang memuat konsep sebagai hutan kota, kebun binatang, taman-taman buatan dan taman-taman bermain anak-anak.

Taman Margaraya Semarang kemudian pada tahun 2004 pemerintah kota Semarang merasa perlu kembali merelokasi Kebun Binatang Tinjomoyo ke lokasi baru, dikarenakan beberapa hal dibawah ini : Lokasi yang sulit dijangkau dari pusat kota. Lokasi disekitar kebun binatang sangat labil, sehingga merusak bangunan. Jembatan penghubung ke lokasi Kebun Binatang yang putus akibat diterjang banjir & gerusan air.

Kebun Binatang Tinjomoyo

Dengan pertimbangan diatas pada tahun 2006, Kebun Binatang Tinjomoyo direlokasi ulang ke wilayah barat kota Semarang, tepatnya di Jl. Urip Sumoharjo No.1 Semarang atau yang lebih dikenal dengan Jalan Raya Semarang – Kendal Km. 17 dan dengan lokasi baru ini Kebun Binatang Tinjomoyo beralih nama pula menjadi : Kebun Binatang Mangkang Semarang ( Taman Margasatwa Semarang) yang menempati luas lahan sekitar 8,5 Ha. Konsep yang ditawarkan oleh taman Margasatwa ini adalah konservasi, edukasi dan rekreasi. Hal ini ditunjukkan dengan penambahan serta perawatan secara berkala seluruh koleksi puspa dan satwa, serta fasilitas pendukung untuk konservasi-edukasi-rekreasi.

Taman Satwa Semarang

Selanjutnya pada tanggal 17 April 2018, Taman Margasatwa Semarang yang sebelumnya merupakan Unit Pelaksan Teknis (UPT) Dinas Pariwisata Kota Semarang dirubah badan hukumnya menjad PT. Taman Satwa Semarang dengan brand baru Semarang Zoo.

Saat ini jumlah koleksi satwa saat sebanyak 50 jenis satwa yang berasal dari sumbangan pihak terkait maupun hasil konservasi satwa.

SELAMAT BERKUNJUNG !

Ingin Menghibahkan Hewan Piaraan Anda ?

Login

Register

Reset Your Password

×