Semarang Zoo

One Zoo • Hundreds Animals • Millions Memories
Semarang Zoo

Rusa Tutul ( Axis )

Rusa, sambar, atau menjangan (Bahasa Inggris: deer) adalah hewan mamalia pemamah biak (ruminan) yang termasuk familia Cervidae.

Salah satu ciri khas rusa adalah adanya antler (tanduk rusa), dan bukan tanduk, yang merupakan pertumbuhan tulang yang berkembang setiap tahun (biasanya pada musim panas) terutama pada rusa jantan (walaupun ada beberapa pengecualian). Ada sekitar 34 spesies rusa di seluruh dunia yang terbagi menjadi dua kelompok besar: kelompok rusa dunia lama yang termasuk subfamilia Muntiacinae dan Cervinae; serta kelompok rusa dunia baru, Hydropotinae dan Odocoilinae.

  • Bobot dan Ukuran
  • Habitat
  • Makanan
  • Reproduksi

Bobot rusa umumnya berkisar 30 – 250 kilogram (70 hingga £ 600), meskipun Pudu Utara rata-rata 10 kilogram (20 lb) dan Moose rata-rata 431 kilogram (1.000 lb). Mereka umumnya memiliki luwes, badan kompak dan panjang, kaki kuat cocok untuk medan hutan kasar. Rusa juga jumper yang sangat baik dan perenang. Rusa ruminansia , atau kunyahan-pengunyah, dan memiliki empat bilik perut. Gigi rusa disesuaikan dengan makan pada vegetasi, dan seperti ruminansia lainnya, mereka kekurangan atas gigi seri , bukan memiliki pad berat di bagian depan rahang atas mereka. Beberapa rusa, seperti di pulau Rum , jangan mengkonsumsi daging bila tersedia. rusa air Cina, rusa Tufted dan kijang telah diperbesar atas gigi taring membentuk taring tajam, sementara spesies lain sering kekurangan atas taring sama sekali. Gigi pipi rusa memiliki pegunungan sabit dari enamel, yang memungkinkan mereka untuk menggiling berbagai vegetasi.

Rusa tutul berukuran lebih kecil daripada ukuran tubuh rusa jawa dan nampak langsung. Panjang tubuh 91 cm, panjang ekor 20 cm – 30 cm dengan berat badan kurang dari 45 kg. ciri fisik Rusa tutul ini adalah : untuk yang jantan dia memiliki rongga bercabang tiga. Satwa ini tubuhnya tertutup oleh mantel rambut yang berwarna coklat kemerahan dengan totol-totol berwarna putih, hanya pada bagian tertentu saja seperti pada bagian dagu, perut dan khaki tidak bertotol. warna totol-totol ini tersusun seperti garis bukan tersebar secara tidak beraturan.

Habitat Rusa Tutul adalah hutan muda, hutan kayu, tepian sungai di wilayah India, Srilangka, dan diperkenalkan ke Australia, yang kemudian tersebar ke berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan telah diintroduksi juga ke berbagai negara seperti Australia, Mauritius, Kaledonia, Selandia Baru, Papua Nugini, dan Timor Leste. Habitatnya adalah padang rumput pada daerah beriklim tropis dan subtropis, namun binatang ini mampu beradaptasi di habitat yang berupa hutan, pegunungan, dan rawa-rawa.

Perilaku satwa ini hidup berkelompok, didalam kelompoknya terdapat beberapa rusa jantan, rusa betina dan anak-anaknya. kelompok ini dipimpin oleh rusa betina yang paling tua, yang berperan memberikan informasi kepada kelompoknya, seperti memberikan informasi jika dia menangkap adanya bahaya yang mengintai kelompoknya sehingga segera dia memberikan informasi untuk waspada dan segera menghindar dari mara bahaya tersebut. Dan dalam kondisi ini maka rusa jantan yang paling kuat akan menggantikan posisinya untuk mengamankan kelompoknya dari kondisi bahaya tersebut.

Di habitat aslinya rusa tutul, memakan berbagai bagian tanaman seperti daun, bunga, biji dari jenis tumbuh-tumbuhan tertentu. Secara alami Rusa Timor mengkonsumsi jenis daun-daunan dan rumput-rumputan, sedangkan untuk Rusa Timor dalam penangkaran/peternakan dapat diberikan pakan tambahan berupa konsentrat (dedak padi, ampas tahu, bungkil kelapa), sayuran (kangkung, bayam), umbi-umbian (wortel, ubi jalar), buah-buahan (pisang, nangka, pepaya, mangga) serta limbah pertanian (jerami, daun dan batang kacang-kacangan).

Perkawinan dilakukan pada bulan juni – juli, lama bunting kisaran 7 – 7.5 bulan.setiap kali reproduksi hanya 1ekor anakan sajalah yang dihasilkan oleh tiap indukan betina. anak tersebut akan diasuh oleh induknya hingga dirasa anak tersebut mampu hidup mandiri.

Ingin menghibahkan hewan piaraan Anda ?

Login

Register

Reset Your Password

×