Bus Tingkat Keliling Semarang, Bisa Naik Gratis!

SEMARANG, KOMPAS.com – Kini ada cara baru berwisata di Kota Semarang, yaitu dengan naik bus tingkat atau double decker. Bus tersebut akan membawa wisatawan keliling beragam destinasi wisata di Kota Semarang. Sebelum mendatangi obyek-obyek wisata Semarang, tidak ada salahnya untuk melihat kondisi kota secara keseluruhan. Bus yang diluncurkan pamerintah kota pada Senin (2/9/2017) ini baru memiliki satu rute wisata.

Untuk memulai tur naik bus, Anda tinggal menyambangi Museum Mandala Bhakti yang berseberangan dengan Tugu Muda. Di sini Anda bisa menukar KTP dengan kartu masuk wisata bus tingkat. Jangan khawatir, KTP Anda akan dikembalikan pada saat pulang nanti. Museum yang menyimpan sejarah zaman kolonial menjadi destinasi pertama. Kemudian, bus beranjak menuju Kota Lama. Jalan yang dilewati tentunya Jalan Imam Bonjol ke Stasiun Poncol. Lalu ke stasiun kereta api yang cukup bersejarah yakni Stasiun Tawang.

Staf Humas Pemerintah Kota Semarang, Agus JT mengatakan rute tersebut masih merupakan rute permulaan sehingga diambil beberapa destinasi yang favorit. Hal itu juga bergantung pda kondisi jalan yang aman dari kabel dan pepohonan rindang.

“Ke depan jika banyak permintaan, rencana pemerintah akan mengakomodir itu. Bisa ada hari-hari khusus untuk rute tertentu, yang penting dilihat luas jalannya, kabel listrik, sama pepohonan,” kata Agus JT saat ditemui KompasTravel, Jumat (6/9/2017).

Untuk rute luar kota, menurutnya bus double decker ini sudah melewati tahap MoU denga pemerintah Kendal. Sehingga kemungkinan besar, di masa mendatang bus tersebut akan membawa wisatawan Semarang ke destinasi di kota-kota sekitar termasuk Kendal.

Source: https://travel.kompas.com/ Muhammad Irzal Adiakurnia